Ramalan Sosok Presiden RI Kedelapan

  Ramalan Sosok Presiden RI Kedelapan

mbah subowo 

Ada empat capres dalam kontestasi pilpres 2024. Keempatnya tentu sosok pilihan orang banyak barang tentu berharap jagonya bisa memenangkan ajang lima tahunan di RI.

     Sosok yang pertama andai Prabowo menang, kita boleh jadi dibawanya ke jaman antara mirip jaman setengah orla dan setengah orba. Sosok kedua Airlangga andai menang jadi RI-1 kita bisa dibawanya ke jaman mirip orba. Sosok ketiga Ganjar jelas kita akan dibawanya ke jaman mirip dengan jaman Jokowi hari ini. Sedangkan sosok terakhir Anies, hanya sedikit referensi yakni kemungkinan ada sedikit kemiripan jaman SBY.

     Demikianlah sedikit tapi lengkap kira-kira jaman seperti apa bakal kita lakoni selama lima tahun sejak 2024.

    Gonjang-ganjing pandemi covid-19 belum usai dengan segala akibatnya. Dan ditambah lagi dengan pertunjukan "tindakan militer terbatas" ala Rusia yang bikin goro-goro tambah panjang lagi durasinya.

    Andai kedua goro-goro itu usai apa lagi yang akan dihadapi umat manusia? Jaman baru atau sebaliknya, walahualam.

    Secara sederhana yang patut dipilih sebagai RI-1 pada 2024 "Dia" yang secerdik kancil dan sekuat gajah. Dan jangan salah pilih dengan "Dia" yang mudah "jantungan" alih-alih mampu mengatasi kesengsaraan orang banyak. Apalagi menganggap kursi RI-1 adalah anugerah kebesaran bagi diri pribadi dan kelompoknya.

     Imbas dari dua goro-goro di atas kini atas nama penghematan sedang ngetrend phk pada semua pelaku bisnis kelas kakap maupun kelas dunia. PHK besar semacam itu indikasi bahwa ekonomi dunia tidak baik-baik saja, kecuali bisnis alutsista pesanan antrean panjang.

     Sekian untuk sekali ini. 

*****

Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 3:11 PM