Siapakah Lawan Terberat Anies?

 Siapakah Lawan Terberat Anies?

mbah subowo

Hampir dipastikan terdapat empat kontestan pasangan capres-cawapres yang meramaikan pilpres 2024. Anies, Prabowo, Airlangga, dan satu lagi belum keluar nama dari PDIP.

    Semua ketiga kontestan: Prabowo, Airlangga, dan X adalah lawan-lawan yang harus dihadapi Anies. Capres yang diusung Koalisi Perubahan itu lumayan memiliki pendukung yang solid kecuali satu partai masih bersifat maju mundur atau berpindah-pindah dukungan mereka. 

    Cuma partai-partai besar yang agak solid mendukung pasangan capres-cawapres masing-masing. Gerindra, Partai Golkar, dan PDIP tentu pendukungnya solid berdasarkan calon yang diusung partai masing-masing. Sedangkan partai kecil/sedikit perolehan suara pada 2019 bisa berpindah dukungan dan boleh jadi mendukung Anies.

    Anies dapat  menarik dukungan partai lainnya dengan catatan Partai Besar pada putaran pertama suara pemilihnya tidak tidak saling bersinggungan. Hanya pada putaran kedua tergantung pada arah partai besar yang tersingkir pada putaran pertama akan menjatuhkan pilihan pada calon yang tersisa. 

    Lawan terberat Anies untuk sementara berasal dari Prabowo, dan jika Prabowo lolos pada putaran pertama dan PDIP maupun Golkar tidak lolos bisa dipastikan PDIP akan mendukung Prabowo, sedangkan Golkar akan bersikap netral.

    Sekian untuk sekali ini. 

*****

Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 10:27 AM