Perang Rusia vs Ukraina akibat pandemi covid-19

 Perang Rusia vs Ukraina akibat pandemi covid-19

mbah Subowo

Perang dunia Kedua 1939 dimulai dengan terjadinya krisis ekonomi sekitar 1930-an.

    Meletusnya Perang Rusia vs Ukraina Februari 2022 terjadi sekitar dua tahun dua bulan sejak pandemi covid-19 Desember 2019 membuat dunia memasuki krisis ekonomi yang itu juga. Perang tersebut masih berlangsung bahkan hampir setahun hingga saat ini. 

   Dalam buku-buku Marxisme untuk memecahkan krisis ekonomi, kaum kapitalis meletuskan peperangan, agar bisnis senjata bisa hidup kembali. Perlu ditambahkan di jaman modern ini selain bisnis senjata juga bisnis minyak dan gas bumi.

    Peperangan panjang antara Rusia vs Ukraina dan Krisis Tiongkok vs Taiwan ujung-ujungnya membuat produk senjata laris manis, demikian minyak bumi. Strategi mengatasi krisis ekonomi dengan penjualan senjata berlaku dalam siklus yang berulang kembali . 

    Untuk memulai peperangan selalu dibutuhkan alat perang yakni senjata. Sehingga alasan memulai peperangan diciptakan seolah tiada jalan lain lagi, akan tetapi tujuan tetap sama: bisnis senjata dan minyak. Senjata dapat berupa  segala macam pesawat tempur, kapal perang, rudal, tank, kapal selam, senjata serbu, meriam dan seterusnya.

     Sekian untuk sekali ini.

*****

    


Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 6:28 PM