Inilah akibat perang panjang Ukraina vs Rusia

 Inilah akibat perang panjang Ukraina vs Rusia

mbah Subowo

     Amerika tidak berani menghadapi Rusia secara langsung karena akan terjadi peperangan dengan senjata nuklir. AS tentu menyadari tidak ada pemenang jika terjadi perang nuklir. 

    Pasca runtuhnya Sovyet Uni, siapa yang peduli dengan masalah keamanan Rusia? Rusia akhirnya menyadari meminta jaminan keamanan dari musuh memang mustahil. Barat cq Nato terus merangsek mengancam Rusia, dan Rusia tentu bereaksi dengan membela diri. 

     Jaminan keamanan bagi Rusia harus diperjuangan sendiri tak dapat dipinta dari siapapun, tak ada jaminan keamanan yang gratis, selain daripada merebutnya. Kelak jika terjadi kekalahan Ukraina dalam perang ini, maka akan sangat memukul Dunia Barat, dan sebaliknya kemenangan Ukraina mungkin hanya sebatas kelemahan Rusia untuk sementara waktu saja. 

    Memberikan jaminan keamanan bagi Rusia mungkinkah diberikan Ukrainanya Zelensky? Dan Dunia Barat yang angkuh? 

Masyarakat Eropa baru menyadari kelak dalam peperangan tiada akhir, mereka sedang berada di garis depan menghadapi Rusia, sementara AS berada di benua lain. 

Mengapa Eropa belum juga menyadari bahwa Rusia adalah tetangga dekat sendiri, sementara AS tetangga dan sahabat yang terlalu jauh. Seharusnya sesama tetangga yang ribut didamaikan oleh tetangga lainnya. Karena itulah jaminan keamanan bersama yang abadi.

    Konsekuensi bagi Eropa dan Nato tetap terlibat dalam perang panjang tentu akan dirasakan semakin dirasakan deritanya oleh masyarakan Eropa sendiri. 

    Kiranya pepatah yang cocok buat sebagian besar warga masyarakat Eropa, "Gajah berkelahi dengan Gajah, pelanduk mati di tengah-tengahnya." Sementara Rusia berperang dengan Ukraina yang terus dibantu senjata oleh AS dan Nato, maka yang sengsara jelas warga Ukraina, warga Rusia, dan warga Eropa, gara-gara pihak pemerintah mereka masing-masing yang ngotot terus saja mendukung peperangan terus berlangsung.

    Nato bisa mengajak damai Rusia jika mau (memberi jaminan keamanan)!!

     Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 9:05 AM