Mengapa Rusia mati-matian menguasai Bakhmut

 Mengapa Rusia mati-matian menguasai Bakhmut

mbah subowo

Bakhmut adalah "gerbang" atau pintu masuk bagi wilayah Luhansk dan Donetsk, itulah sebabnya untuk "menjaga" dan mempertahankan kedua wilayah tersebut Bakhmut sangat strategis. Barang siapa yang menguasai Bakhmut maka ia akan memiliki akses pada wilayah Donetsk dan Luhansk.

    Gara-gara wilayah Luhansk dan Donetsk inilah operasi militer Rusia dilakukan, karena kedua wilayah itu penduduknya mayoritas manggunakan tutur Rusia. Posisi geografis kedua wilayah itu langsung berbatasan dengan Rusia.

    Rusia bisa menerapkan garis pertahanan dari Bakhmut sekaligus basis ofensif menyerang wilayah "dalam" Ukraina. Dan dengan lepasnya Bakhmut jatuh ke tangan Rusia maka akses untuk mengambil alih dua wilayah yang sudah melakukan referendum itu tidak dapat dilakukan dengan mudah oleh pasukan Ukraina.

    Rusia bisa memperkuat Bakhmut untuk mencegat alutsista baru tank Leopard 2 yang hingga hari ini belum terjun dalam peperangan. Rusia akan mengubah Bakhmut sebagai garis depan sekaligus garis pertahanan, karena memang tujuan daripada "operasi militer terbatas" yang dicanangkan Rusia selama setahun lebih salah satunya adalah "melindungi" Luhansk dan Donetsk dari serangan Ukraina terhadap separatis pro-Rusia yang berada di kedua wilayah tersebut.

    Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 3:50 PM