Ramalan Jayabaya tentang emansipasi kaum wanita di jalan raya

Ramalan Jayabaya tentang emansipasi kaum wanita di jalan raya
mbah subowo
    Sejak orang Belanda VOC menguasai Nusantara pada akhir abad ke enambelas (1500-an) peran wanita Nusantara kembali ke jaman prasejarah. Merosotnya kerajaan-kerajaan Nusantara oleh pendatang Eropa dengan sendirinya kaum wanita semakin pudar perannya dibandingkan awal sejarah: Ratu Shima, Ratu Tribuwana, dan seterusnya.
    Orde Baru berganti Orde Reformasi, itulah tonggak baru kebebasan berekspresi dan berpikir. “Mengapa tidak menyetir sendiri?” demikianlah kira-kira tatkala booming kendaraan roda dua dan roda empat dengan teknologi baru CDI, Timing Valve, dan Fuel Injection dengan computerized disematkan pada tunggangan kuda besi. Ditambah lagi munculnya mesin hybrid dan munculnya kendaraan listrik modern di masa mendatang, tentunya lebih minim perawatan lagi. Dan semua itu tentu memudahkan bagi pengendara wanita.
    Dengan berbagai kecanggihan teknologi sebagai di atas, pengendara wanita tidak perlu was-was lagi terjadi gangguan mesin. Bandingkan dengan model system pengapian platina model lawas. Tiap saat mesin bisa mogok secara mendadak, entah karena platina tipis, busi kotor, dan karburator yang mampet. Semua itu menjadi kenangan masa silam.
    Munculnya teknologi transmisi otomatis berbagai varian: matic lama, maupun yang baru, serta matic cvt, dan gabungan matic-manual, semakin nyaman berkendara di tengah kemacetan kota besar.
    Sri Aji Jayabaya delapan abad silam telah memprediksi emansipasi wanita yang akan mengendarai sendiri tunggangannya di jalan raya.

Wong wadon nunggang jaran (Jayabaya, 1100-an)

    Kelak di masa depan wanita akan memiliki kesempatan sama dengan kaum pria untuk melakukan traveling dengan menunggangi kendaraan sendiri ke manapun ia memiliki tujuan. Kaum wanita tak kalah dalam peluang dan kesempatan menjajarkan diri dengan kaum pria dalam hal mengendarai kuda (kendaraan).
    Sekian untuk sekali ini.
*****



Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 9:54 AM