Ramalan Jayabaya tentang Presiden NKRI tunduk Rakyat

Ramalan Jayabaya tentang Presiden NKRI tunduk Rakyat

Mbah subowo bin sukaris

Ramalan Jayabaya pada intinya memberikan gambaran dengan berbagai  tanda-tanda dalam kehidupan masyarakat Nusantara tatkala tiba masanya jaman terbalik -- jaman terbalik itu bisa juga disebut jaman edan. 
      Pada masa jaman edan, yang terdiri dari dua sisi mata uang. Sisi yang satu ialah perkembangan iptek yang pesat yang mengantarkan kita pada kehidupan modern. Sementara sisi yang satunya ialah kehidupan manusia benar-benar edan. 
     Tidak perlu disebutkan lagi di sini apa yang edan-edan itu memang benar-benar dilakukan oleh umat manusia di belahan bumi Barat maupun Timur. Beberapa contoh kecil maraknya sex bebas, menggunakan  narkoba, tindak kejahatan dengan penipuan,  tindak kejahatan berikut kekerasan fisik pada korbannya, dan seterusnya.
      Jayabaya seorang raja dari Kediri, Jawa Timur, yang hidup pada abad keduabelas masehi,  memberikan gambaran masa berakhirnya jaman terbalik.

para kawula padha suka-suka
marga adiling pangeran wus teka
ratune nyembah kawula
Kelak pada suatu masa semua orang bergembira ria karena telah tiba keadilan dari Yang Maha Kuasa. Pada masa itu sang pemimpin (ratu, raja, presiden) tunduk dan mengabdi pada rakyatnya  -- rakyat yang terus maju pantang mundur dalam cara tindakan dan berpikirnya.

*****
Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 7:12 PM