Ramalan Joyoboyo masa Jokowi tanda perubahan jaman!

Ramalan Joyoboyo masa pemerintahan Jokowi tanda datangnya perubahan jaman

by mbah Subowo bin Sukaris

Secara kebetulan semasa pemerintahan Jokowi yang saat ini tengah berjalan setengah tahunan ini, berbarengan dengan hadirnya kisah Mahabharata dari negeri Hindustan yang berjilid-jilid itu telah diangkat ke layar lebar dan salah satu copy-nya disiarkan oleh salah satu stasiun teve tanah air. Siapapun kini di seantero tanah Jawa tidak perlu begadang hingga larut malam hingga menjelang pagi untuk menonton wayang semalam suntuk guna dapat mengetahui cerita dalam kisah Mahabharata dan cerita sejenis lainnya. Bukan suatu kebetulan bahwa para pemeran kisah Mahabharata itu baik dari golongan Kurawa maupun Pandawa (a.l. Arjuna, Bima, Yudhistira, dll.) kini betah berlama-lama membuka lapak di Nusantara mengadakan pertunjukan. Mungkin fenomena saat ini yang tengah terjadi itulah pertanda datangnya perubahan jaman, sebagaimana diramalkan oleh Sri Aji Joyoboyo yang eksis pada abad keduabelas masehi (1100-an).

bakal ana dewa ngejawantah
apengawak manungsa
apasurya padha bethara Kresna
awatak Baladewa
agegaman trisula wedha
jinejer wolak-waliking zaman
Joyoboyo, abad xii masehi

Pada suatu masa akan ada dewa menitis sebagai sosok manusia, dia memiliki kebijakan sebagaimana bethara Kresna dan berwatak seperti Baladewa. Mereka tentu saja menggenggam senjata sakti berupa trisula (wedha). Itulah tandanya bakal terjadi perubahan jaman.

       Perubahan jaman itu berarti berubahnya kehidupan masyarakat dari jaman modern (saat ini) menuju ke arah jaman supermodern. Di jaman supermodern yang satu ini berarti berakhirnya jaman penderitaan manusia di jaman terbolak-balik atau jaman gonjang-ganjing. Datangnya jaman baru akan menciptakan kehidupan masyarakat yang baru beserta lahirnya tatanan dunia baru di jagad bumi manusia ini!

*****
Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 3:06 PM