Inilah beda kiprah Prabowo vs Ganjar

 Inilah beda kiprah Prabowo vs Ganjar

mbah subowo

Prabowo masih menjabat menteri pertahanan dalam kabinet kedua Jokowi saat ini, dibanding Ganjar yang usai masa jabatan gubernur Jateng. Sebagai menteri pertahanan RI, Prabowo sempat transaksi secara internasional a.l. beli berbagai alutsista perang: pesawat tempur dari AS, Korsel, Prancis, kapal perang dari Italia, dan sebagainya. Sedangkan Ganjar hanya berkutat di wilayah yang dipimpinnya: Jawa Tengah.

    Pilihan dalam pilpres 2024 kelak memang di tangan rakyat, terserah mau memilih siapa, atau tidak memilih siapa. Jadi masih jauh pada detik ini untuk menduga siapa juara pilpres 2024 mereka semua belum terdaftar resmi di KPU.

    Pada 2024 kali ini sosok capres tidak seheboh sosok pemilihan cawapres dari berbagai koalisi, namun kehebohan sosok cawapres hanya berpengaruh pada partai mana yang berkoalisi atau keluar dari koalisi tertentu. 

    Prabowo sempat-sempatnya "mendamaikan" perang Rusia vs Ukraina. Ganjar tetap berkiprah di dalam negeri. Itulah sedikit pengantar keunggulan relatif Prabowo dibandingkan Ganjar.

    Presiden Indonesia Pertama hingga ketujuh semua saja berkiprah hanya di dalam negeri (sebelum jadi presiden) kecuali B.J. Habibie yang berpendidikan Jerman yakni menerima beasiswa semasa pemerintahan Sukarno.

    Sekian untuk sekali ini.

*****


Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 7:25 AM