Jul 13, 2010

Biografi Pramoedya Ananta Toer, Nyanyi Sunyi Seorang Bisu, karya Buru

Nyanyi Sunyi Seorang Bisu, 
Karya Pulau Buru

Pengantar Edisi Pembebasan

Nyanyi Sunyi Seorang Bisu adalah satu-satunya karya non-fiksi Pramoedya semasa tahanan di Buru, bukan novel. Buku ini merupakan kumpulan catatan berisi surat-surat pribadi kepada anak-anaknya yang tak pernah terkirim, juga esai-esai, terutama sangat mencengangkan adalah renungannya yang tajam merekam apa yang dialami sebagai pribadi, sebagai suami dan ayah, sebagai pengarang dan sebagai tahanan politik rejim militerisme yang merampas segala darinya: hasil cipta jiwa dan pemikirannya berikut harta bendanya -- naskah, buku, dokumentasi, rumah, sampai kepada hak kebebasan kewarganegaraannya dan sebagai manusia. Dengan ringkas: rejim golkar-Suharto merenggut umur Pramoedya yang dengan sendirinya juga merampas kebahagiaan keluarga, istri, dan anak-anaknya. Penguasa fasis orba berusaha keras memendam nilai-nilai produk kreativitas manusia paling berharga yang sebenarnya menjadi milik Indonesia dan masyarakat dunia.
     Keunikannya : catatan yang merupakan dokumentasi sosial bangsa ini bukan terbit dalam bahasa tanah kelahirannya, melainkan untuk pertama kali justru terbit di negeri orang lain -- di negeri Belanda sebagai Lied van een Stomme, dua jilid, 1988-1989. Pertimbangannya? Buku ini terlalu besar risiko politiknya untuk diterbitkan di Indonesia di tengah kekuasaan fasisme golkar yang mampu melakukan segalanya yang paling kotor. Tetapi keberanian dan tedad yang mantap untuk merebut kebebasan yang menjadi haknya, membuat Pramoedya mengambil keputusan untuk toh menerbitkan catatannya ini pada saat Suharto sedang berkuasa penuh. 

****

Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 11:36 AM

6 comments :

Muthmainnah Azzahra said...

pesen jilid 1 dan 2 nya bisa ndak ???

Hasta Mitra said...

Terimakasih. Sedikit informasi ini mungkin dapat membantu anda dan lainnya yang berminat pada buku karya Pramoedya Ananta Toer. Buku bisa pesan di sini mudah-mudahan sudah ada dalam daftar pilihan, bila belum ada dalam daftar bersabarlah menunggu hingga sampai kelak sudah ada cetakan ulang. Salam.

Hasta Mitra said...

Situs resmi untuk pemesanan secara online buku-buku terbitan Lentera Dipantara
http://www.kutukutubuku.com/2008/article/read/4738/lentera_dipantara

Anonymous said...

saya juga berminat pada buku nyanyi sunyi seorang bisu tersebut, mohon info cara dan biaya pemesanan ke kakerluck@yahoo.com. Terimakasih.

Hasta Mitra said...

Untuk informasi anda - Sejak akhir 2002 buku-buku Pramoedya Ananta Toer tidak lagi ditangani oleh penerbit Hasta Mitra, akan tetapi sudah dikelola sendiri oleh penerbit Lentera Dipantara. Bagi anda yang ingin melakukan pemesanan buku Pramoedya harap berkorespondensi langsung dengan penerbit tersebut atau melalui penjualan online seperti pada alamat yang tertera dalam komentar di atas ini. Terimakasih.

Anonymous said...

terimakasih atas tanggapan Hasta Mitra. Saya baru memahami "konflik 2002" tersebut dari artikel-artikel yang ada di situs ini. Patut disayangkan, tapi PAT memang agak aneh dan keras kepala. (kakerluck)