Siapa yang dipilih Jawa 2024

 Siapa yang dipilih Jawa 2024

mbah subowo

Jawa selalu memilih yang paling mendekati Jawa, seperasaan dengan Jawa..... Wong Jowo memilih yang "genep" dalam arti lumrah, umum saja.

    Jujur saja semua capres mengaku Jowo. Siapa capres yang ada di hati para Jawa? Tanyakan pada mereka yang lugu, polos, dan sederhana.     Karena pilihan merekalah yang menentukan pemenangnya kelak. Kalau survei-survei kan cuma menyangkut mereka yang tidak lugu, polos......

    Koalisi parpol tentu belum menggambarkan pilihan rakyat, capres yang punya "feeling" segera minggir saja, atau berkolaborasi dengan lainnya, apalagi yang menduduki rangking bawah atau tengah daripada kriteria paling sederhana di atas.

    Sebelum terlambat, menyesal kelak, dan agar saling menguntungkan kekuatan Ganjar dan Prabowo harus disatukan atau tragedi yang terjadi bagi salah satu pihak. Saling ngotot jadi capres dan saling ngotot tidak mau jadi cawapres..... hasilnya cuma gigit jari.

    Mengutip si nominee Nobel Sastra, Pramoedya AT, "Darah Pribumi lebih tegas bersikap jika jadi pemimpin, dibanding peranakan yang berjiwa peragu, tak punya pendirian, dan mudah goyah...."

    Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 10:08 AM