Mar 22, 2012

Surat kepada Presiden Gus Dur

SCOP FRATERNITE/Restaurant INDONESIA
12, Rue de Vaugirard
75006 Paris
Téléphone  33-1-43 25 70 22

Paris, 6 Januari 2000
Kepada Yang Terhormat
Gus Dur
Presiden Republik Indonesia
Jakarta

Kami seluruh keluarga Restoran koperasi INDONESIA sangat gembira mendengar berita bahwa Gus Dur akan mengadakan perjalanan ke berbagai negeri di Eropa, termasuk ke Prancis. Walaupun kami mengerti bahwa kunjungan Gus Dur ke Eropa mengemban missi yang penting di samping acara akan padat sekali, namun kami semua akan sangat gembira dan merasa mendapat kehormatan yang besar, seandainya kami diberi kesempatan bisa turut menyambut kedatangan Gus Dur di Restoran Koperasi Indonesia hanya satu atau dua jam disela-sela kesibukan acara resmi.
    Kami semua masih ingat betapa besar hati kami ketika Gus Dur beberapa kali mampir mengunjungi restoran kami, yang merupakan wahana hidup bagi kami orang-orang yang untuk jangka lama, menurut istilah Anda terpaksa “klayaban” di luar negeri. Masih terbayang kehangatan Gus Dur terhadap kami semua, demikian juga berbagai pernyataan Gus Dur di depan kami masih terngiang-ngiang di telinga.
   Kalau saja harapan untuk menyambut Gus Dur di Restoran Koperasi INDONESIA  bisa terwujud, peristiwa ini tentu merupakan kejadian yang mempunyai arti besar dan dalam. Selama 18 tahun Restoran koperasi kami dikenal oleh berbagai kalangan LSM Prancis dan juga tokoh-tokoh politik Prancis. Mme. Danielle Mitterrand  sendiri telah mengadakan tujuh kali pertemuan dan jamuan makan di restoran kami. Lebih dari pada itu, beliau telah mengumumkan berdirinya France Liberté, Lembaga Swadaya Masyarakat yang beliau pimpin sendiri, di restoran koperasi kami. Hal ini merupakan suatu kejadian amat simbolik bagi kita semua.
    Untuk menyambut kedatangan Gus Dur nanti, kami keluarga Restoran koperasi INDONESIA akan bekerjasama dengan teman-teman dari berbagai LSM Prancis (al. CCFD/Burint, CENTRE LEBRET/Sergio) yang telah mengenal Gus Dur secara pribadi maupun ketika sebagai ketua PBNU. Juga akan kami ajak Mme Danielle Miiterrand, yang selama ini telah menunjukkan perhatian beliau terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan demokrasi di Indonesia. Kami semua akan menjadikan kunjungan Gus Dur sebagai peristiwa yang penuh makna dan mengadung “message” yang selama ini selalu diemban oleh Gus Dur.
    Akhir kata, kami semua bangga dan gembira apabila Gus Dur berkenan hati untuk mempertimbangkan harapan dan keinginan kami. Untuk itu kami mengucapkan banyak terimakasih.

Atas nama
Keluarga Restoran Koperasi INDONESIA
dan berbagai LSM Prancis
Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 5:27 AM

No comments :