Mar 29, 2012

Biografi Tokoh Betawi

Biografi Tokoh Betawi
M.H. Thamrin

Prof. Dr Bob Hering, sejak usia muda dalam awal karier­­­­­nya sebagai ilmu­wan sudah mena­ruh minat besar kepada  gerakan ke­bangkitan nasional Indonesia –- dia dengan produktif sudah menulis berpuluh kajian ten­tang sejarah nasio­nalis­me Indonesia.
      Keisti­me­­­waan karya-karya­­nya ada­­lah bahwa dia seorang Indo­ne­sia­nist yang ber­orientasi Indonesia ketim­bang keba­nyak­­an Indonesia­nist lain­nya. Kaji­annya ten­tang Moh. Husni Thamrin ini adalah naskah umtuk diser­tasi PhD-nya.
      Bukan secara acak dia me­mi­lih topik M.H. Thamrin, me­lainkan dengan sadar dia me­lihat dua puncak cemerlang dalam sejarah kemer­­dekaan Indonesia, yaitu Thamrin dan Bung Karno. Baginya Thamrin-Bung Karno adalah satu kesatuan dan kesinambungan perjuangan yang mengantar rakyat Indonesia ke Kemerdekaan.
Hubungan erat Thamrin-Bung Karno merupakan keberhasilan kerja­sama antara tokoh ko- dan non-ko, kerjasama dua taktik -– antara tokoh yang bekerja dalam sistem dan yang di luar sistem kekuasaan.
      Buku tentang Thamrin ini menjadi suatu adi-karya dalam literatur sejarah kebangkitan nasional berkat pelacakan data dan analisisnya yang menarik dan kaya. Sebagai kelanjutan wajar dari kesatuan Thamrin-Bung Karno, Bob Hering kemudian menulis karya-hidupnya: Biografi Soekarno, Bapak Kemerdekaan Indonesia dalam dua jilid, meliput kurun waktu 1901-1945 dan 1945-1970.

****
Subowo bin Sukaris
Hasta Mitra Updated at: 11:45 AM

No comments: